Waspadai Anti Klimaks NKRI Pada Pemilu 2019

Pesta demokrasi pada Pemilu 2019 perlu diwaspadai karena sangat rawan terhadap timbulnya konflik sosial sehingga bisa mengganggu keutuhan NKRI. Pemilu 2019 dikhawatirkan akan menjadi antiklimaks terhadap keutuhan NKRI karena gejala gesekan antar kelompok masyarakat pada Pemilukada 2017 ini saja sudah memprihatinkan.

RDP MPR RI di Yogyakarta
Suasana saat RDP MPR RI di Yogyakarta

Demikian dikatakan pengamat hukum Mirwan Syamsudin Syukur, SH saat tampil sebagai pembicara pada Rapat Dengar Pendapat di Hotel Bifa Yogyakarta, belum lama ini (21/2/2017).

Kegiatan diselenggarakan oleh anggota MPR RI H. Ambar Tjahyono, SE MM ini mengambil tema “Penegasan Bhineka Tunggal Ika sebagai Perekat Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara untuk Memperkuat Wawasan Nusantara”. Kegiatan yang diikuti sekitar 100 orang dan tokoh masyarakat yang berasal dari berbagai wilayah di DIY.

Ambar Tjahyono mengatakan bahwa berdirinya NKRI bukanlah hadiah atau pemberian cuma-cuma dari negara manapun. Indonesia lahir dari hasil perjuangan panjang segenap komponen bangsa.

RDP MPR RI di Yogyakarta
Menyanyikan Indonesia Raya saat RDP MPR RI di Yogyakarta

Perjuangan inilah yang membentuk kesadaran kolektif dan akhirnya melahirkan NKRI. Karena itu dia menegaskan pentingnya selalu menumbuhkan kesadaran terhadap kebhinekaan Indonesia. “Kesadaran ini harus mendarahdaging dalam diri kita agar tidak menimbulkan perpecahan,” tandasnya.

Lebih lanjut Mirwan Syamsudin Syukur menilai bahwa gejala semakin rapuhnya kebhinekaan Indonesia sudah terlihat dalam beberapa bulan terakhir.

Begitu juga keberpihakan hukum terhadap keadilan juga dipertaruhkan dengan makin mudahnya antar kelompok masyarakat saling melaporkan. Fenomena ini seharusnya tidak terjadi jika masing-masing kelompok masyarakat menyadari posisinya dan menghormati kelompok lain.

Karena itu Wakil Ketua Kadin DIY ini mengingatkan pentingnya membangun kesadaran sosial terhadap keberagaman Indonesia. Diantaranya dengan terus menggalakkan dan upaya peningkatan wawasan Nusantara melalui berbagai kegiatan.

Mirwan juga mengajak para pemimpin bangsa untuk lebih introspeksi diri dan bercermin dari sejarah panjang negeri ini. “Hanya dengan kesadaran kolektif terhadap kebhinekaan, maka NKRI akan dapat dipertahankan,” ucapnya.

Add Comment