Syawalan Demokrat DIY Penuh Nuansa Otokritik

Ada yang istimewa pada acara syawalan pengurus Partai Demokrat se-DIY bersama anggota DPR RI dari dapil DIY H. Ambar Tjahyono SE, MM yang diadakan di Hotel Bintang Fajar Yogyakarta, pertengahan Juli 2016. Selain diikuti para kader dari pengurus cabang dan daerah Partai Demokrat se-DIY, kegiatan halal bil halal itu juga dihadiri salah seorang fungsionaris DPP Partai Demokrat, Heri Sebayang.

Yang juga tak kalah menariknya adalah nuansa otokritik yang dilontarkan para tokoh tersebut. “Yogya ini mau diapakan? Mari kita introspeksi untuk membenahi kekurangan yang ada,” kata Heri Sebayang.

Tokoh yang dikenal dekat dengan SBY ini menilai para kader di Yogyakarta kurang responsif terhadap persoalan yang timbul. Sejumlah otokritik pun dilontarkan secara lugas oleh politisi asal Sumatera Utara ini. Termasuk munculnya sejumlah gesekan kecil di kalangan internal Partai Demokrat DIY yang tidak dengan cepat diatasi.

syawalan partai demokrat diy
Dari kiri Heri Sembayang, Sukedi, dan Bu Mursupriyani Ambar

Para kader Partai Demokrat DIY dinilainya semakin kurang peduli terhadap persoalan yang terjadi di lingkungannya. Karena itulah mereka diminta untuk lebih peka terhadap persoalan sosial yang ada di lingkungannya jika ingin partai berlambang mercy biru ini kembali meraih kejayaannya seperti dulu.

Hal senada juga dilontarkan Sukedi, Ketua DPD Partai Demokrat DIY. Dikatakan, upaya untuk mengangkat kembali kejayaan Partai Demokrat pada pemilu 2019 mendatang bukanlah persoalan mudah.

“Kalau di luar Jawa, meraih suara banyak untuk Demokrat itu mudah. Bahkan tak sedikit kader baru yang cepat menjadi walikota, bupati ataupun gubernur. Tapi kalau di Jawa, khususnya DIY, sangatlah berat,” ujarnya.

Dia juga mengingatkan kepada para calon kandidat ketua DPD ataupun DPC yang akan maju bertarung dalam musda sebagai tugas tidak ringan. Terlebih dengan keluarnya peraturan baru dimana penyelenggaraan musda dan muscab dijadikan satu.

Syawalan Partai Demokrat DIY
Suasana saat Syawalan Partai Demokrat DIY

 

Syawalan Partai Demokrat DIY
Suasana Syawalan Partai Demokrat DIY

Sedangkan Ambar Tjahyono mengajak segenap kader Demokrat di DIY untuk lebih kompak dan saling membantu guna kembali mengangkat citra partai binaan SBY ini. Pada kesempatan itu Ambar juga menyampaikan sejumlah program peningkatan kesejahteraan masyarakat yang bisa dimanfaatkan untuk mendekatkan kader dengan konstituennya. Diantaranya program beasiswa, wirausaha pemula, dan pembinaan kelompok usaha bersama (Kube).

“Silahkan program-program ini dimanfaatkan dengan baik. Karena saya tidak tahu apakah Syawalan tahun depan kita masih akan bertatap muka seperti ini lagi atau tidak,” katanya seperti disampaikan Mursupriyani Ambar. Ambar juga mengajak para kader dan pengurus Partai Demokrat di DIY untuk lebih meningkatkan komunikasi dan silaturahmi.

Tampak hadir pada acara itu Ketua DPD Partai Demokrat DIY Kol (Purn) H. Sukedi, fungsionaris DPP Heri Sebayang, Mursupriyani Ambar yang mewakili Ambar Tjahyono yang sedang berhalangan, serta para pengurus partai Demokrat dari seluruh DIY. (*)

Add Comment