Sosialisasi 4 Pilar di Purwosari Gunung Kidul

Tak kurang dari 130 orang warga Dusun Klampok, Giripurwo, Purwosari Gunung Kidul memadati Balai Dusun setempat, belum lama ini (13/6). Mereka terlihat begitu antusias mendengarkan Sosialisasi 4 Pilar yang diadakan anggota MPR RI H. Ambar Tjahyono SE MM.

“Panjenengan sedoyo kedah kukuh nyepeng Pancasila sebagai ideologi bangsa. Niki penting untuk menghindari potensi perpecahan bangsa,” kata Mirwan Syamsudin Syukur yang tampil sebagai pembicara. Kesetiaan terhadap Pancasila merupakan kunci utama dalam menghadapi tantangan yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

sos 4 pilar

Dalam kegiatan yang diadakan menjelang buka puasa itu, Pengurus Kadin DIY ini memaparkan fenomena 7 abad dan 70 tahunan yang menjadi periode krisis yang mesti diwaspadai. Fenomena pertama ditandai dengan lahirnya Kerajaan Sriwijaya di Abad 7 yang mampu menguasai Nusantara. Namun kejayaan Sriwijaya hancur akibat tak ada ideologi yang mempersatukan mereka.

Tujuh abad kemudian lahir Kerajaan Majapahit di Abad 14 yang juga mampu tampil sebagai penguasa di Nusantara. Lagi-lagi kerajaan ini hancur karena lemahnya ikatan yang mempersatukan ideologi masyarakatnya. Uniknya, kedua kerajaan besar itu hancur saat kekuasaan rajanya memasuki masa pemerintahan 70 tahun.

Kini, di Abad 21 atau 7 abad setelah Majapahit, bangsa Indonesia lahir dan menyatakan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945. “Jika dihitung, kemerdekaan Indonesia saat ini juga memasuki usia 70 tahun. Ini periode kritis yang mesti diwaspadai. Akan muncul banyak konflik yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa,” ujarnya.

sosialisasi 4 pilar

Meskipun demikian, Mirwan menyatakan optimismenya bahwa potensi perpecahan bangsa tersebut akan dapat dilewati dengan aman. “Syaratnya, panjenengan sedoyo harus berpegang teguh pada Pancasila sebagai satu-satunya ideologi bangsa. Ini harga mati yang tidak bisa ditawar lagi untuk menjaga persatuan bangsa,” tandasnya.

Sementara itu Ambar Tjahyono mengatakan bahwa pemahaman dan penghayatan kita terhadap Pancasila perlu terus ditingkatkan. Sosialisasi Pancasila maupun 4 Pilar tidak sebatas dalam dinding sekolah atau kampus melainkan juga harus masuk ke seluruh lapisan masyarakat. “Kita semua memiliki tanggung jawab yang setara dalam mengamankan dan mengamalkan Pancasila untuk menjaga NKRI,” tegas anggota MPR ini.

Usai acara Sosialisasi 4 Pilar tersebut dilanjutkan dengan buka puasa bersama. Tampak hadir Lurah Giripurwo Supriyadi, kepala dukuh serta pengurus JAT atau Jaringan Ambar Tjahyono. (yon)

Add Comment