Sosialisasi 4 Pilar di Kulon Progo

Tak kurang dari 300 warga di Kelurahan Kembang, Nanggulan, Kulon Progo memenuhi ruang aula Balai Desa setempat, kemarin (18/11). Saat itu mereka terlihat begitu antusias mengikuti Sosialisasi 4 Pilar yang mengambil tema 4 Pilar Sebagai Pondasi Masyarakat dalam Menghadapi Tantangan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di Masa Depan

“Sangat penting bagi masyarakat untuk terus meningkatkan semangat kebangsaannya guna menghadapi tantangan bangsa yang semakin berat,” kata Sugiyanto, anggota DPRD Kulon Progo dari Fraksi Demokrat saat pembukaan acara tersebut. Karena itu dia menyambut gembira kegiatan yang diprakarsai MPR RI melalui sosialisasi 4 Pilar tersebut.

Hadir pula pada acara itu Kepala Desa Kembang Winarno, aparat desa setempat, dan para pengurus Jaringan Ambar Tjahyono (JAT). Berbeda dengan sosialisasi 4 Pilar Gunung Kidul yang diadakan sebelumnya di Nglipar, Gunung Kidul pada akhir September 2015 lalu yang menyasar para pelajar SMK, sosialisasi di Kulon Progo kali ini dihadiri masyarakat umum.

Dan inilah foto-foto rangkaian kegiatan Sosialisasi 4 Pilar di Kulon Progo

 

Selain diisi dengan penyuluhan dan sosialisasi, pada kegiatan itu juga dilakukan penyerahan bantuan buku-buku tentang 4 Pilar (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika). Penyerahan dilakukan pengurus JAT yang diterima kepala desa setempat.

Sementara itu anggota DPR/MPR RI Ambar Tjahyono mengharapkan agar bantuan buku-buku ini dapat dibaca dengan leluasa oleh warga setempat. Hal ini penting untuk terus meningkatkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air.

“4 Pilar Kebangsaan harus terus digelorakan dan jangan pernah ditinggalkan. Karena itulah kegiatan semacam ini akan terus dilakukan,” pesan Ambar seperti disampaikan Purwanto Putro dari Jaringan Ambar Tjahyono.

Selain penyerahan bantuan buku 4 Pilar, pada kesempatan itu warga juga mendapatkan bantuan sembako gratis. Sembako berupa beras, gula, dan minyak goreng itu senilai masing-masing sekitar Rp 50 ribu. Warga pun terlihat antri saat pembagian sembako dilakukan para pengurus JAT yang dibantu aparat desa setempat. (*)

Add Comment