Kunjungan ke Kelompok Petani di DIY

Anggota DPR RI H. Ambar Tjahyono SE MM kembali melakukan kunjungan dan bertemu dengan warga di DIY dalam masa Reses Maret 2017. Dalam turba kali ini, Ambar berdialog langsung dengan sejumlah kelompok petani dari berbagai wilayah di DIY, baik yang ada di Kulon Progo maupun Gunung Kidul, kemarin.

Dalam pertemuan dengan anggota kelompok petani di Kulon Progo, Ambar menerima masukan tentang sistem pertanian mina poktan yang dilakukan warga. Selain bertani, mereka juga banyak yang memiliki kolan peternakan ikan. Mereka juga mengeluhkan sulitnya mendapatkan pupuk serta cara bertani yang masih tradisional.

ambar tjahyono
berfoto bersama poktan di Gunung Kidul

Selain alat traktor yang tidak ada, kami juga sering kesulitan memasarkan ikan hasil kolam kami,” kata Suki, anggota Kelompok Tani Maju, Jatisarono, Nanggulan, Kulon Progo. Kepada Ambar mereka juga meminta pembenahan pasar ikan di Mbejo, Nanggulan agar bisa digunakan untuk memasarkan ikan hasil produksi mereka.

Semenara saat di Gunung Kidul, Ambar melakukan kunjungan ke sejumlah kelompok usaha bersama serta melakukan jaring aspirasi dengan kelompok petani. Beberapa anggota kelompok usaha mengeluhkan tentang sulitnya pemasaran produk mereka. Apalagi dengan modal terbatas sehingga pelaku usaha kecil itu merasa kurang mampu membuat kemasan yang baik ataupun menembus super market.

dengan poktan wijimulyo KP
dengan poktan wijimulyo Kulon Progo

Pada kesempatan itu Ambar menyatakan pentingnya kreasi dalam membuat kemasan yang baik. “Kemasan yang baik tidak harus mahal kok. Yang penting rapi dan menarik,” katanya. Ambar juga menyatakan akan menampung aspirasi warga dan berusaha membantu untuk meneruskan kepada instansi terkait di Komisi VI.

Add Comment