Dinas Perindagkop Teruskan Bantuan Alat ke IKM

Pendopo Desa Gari, Wonosari, Gunung Kidul pagi itu terlihat ramai oleh puluhan warga. Namun bukan warga sekitar desa yang sedang berkumpul namun mereka adalah pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) yang datang dari berbagai pelosok wilayah di Gunung Kidul. Tak kurang dari 11 IKM dari berbagai kelompok usaha bersama (KUB) di Gunung Kidul menerima bantuan peralatan produksi dari Kementerian Perindustrian.

“Saya sangat gembira karena pada hari Industri Kecil Menengah (IKM) di Gunung Kidul akhirnya mendapatkan bantuan peralatan produksi. Bantuan ini tentunya diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk dan mengembangkan usaha bapak ibu sekalian,” kata anggota DPR RI H. Ambar Tjahyono SE MM.
Turut hadir pada acara itu Sekretaris Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan ESDM (Disperindagkop dan ESDM) Kabupaten Gunung Kidul Anwarul Jamal, anggota DPRD Gunung Kidul Eko Rustanto, dan Lurah Desa Gari Widodo.

bantuan alat IKM
Jamal serahkan bantuan alat ke IKM

 

ikm
Anggota DPRD Gukung Kidul Eko Rustanto ikut serahkan bantuan alat ke IKM

Sementara itu sebelumnya 2 IKM dari Kota Yogyakarta juga mendapat bantuan peralatan produksi. Penyerahan bantuan dari Kementerian Perindustrian ini dilakukan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Pertanian (Disperindagkoptan) Kota Yogyakarta di Hotel Bifa Yogyakarta.

ikm
Disperindagkoptan Kota Yogyakarta menyerahkan bantuan alat ke IKM

Sehari sebelumnya, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Kulon Progo juga telah meneruskan bantuan Kementerian Perindustrian itu untuk 17 IKM di wilayah itu. Penyerahan dilakukan Wakil Kepala Disperindagkop, Dewantoro, di Wisma Wongso Yudo, Srimbit, Kulon Progo.

Ambar berharap agar IKM yang mendapatkan bantuan peralatan usaha bisa memanfaatkan bantuan pemerintah ini untuk memajukan dan mengembangkan usahanya. “Tumbuhnya wirausahawan yang tangguh bukan saja akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat namun juga penting untuk memperkokoh perekonomian nasional dan membangun kelas sosial menengah yang lebih tangguh untuk kemajuan bangsa,” kata legislator dari daerah pemilihan DIY ini.

Dewantoro menyerahkan alat ke IKM Kulonprogo
Dewantoro menyerahkan alat ke IKM Kulonprogo

Sementara itu Jamal menyatakan apresiasinya karena turunnya bantuan alat dari Kementerian Perindustrian merupakan fasilitasi dari Ambar Tjahyono sebagai anggota Komisi VI DPR RI. “Meskipun ini merupakan bantuan pemerintah, namun tanpa fasilitasi dan pendampingan dari Pak Ambar bantuan ini akan sulit turun,” ujarnya.

Sedangkan anggota DPRD Gunung Kidul Eko Rustanto menyatakan bahwa saat ini ada sekitar 30 ribu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Gunung Kidul yang perlu mendapatkan binaan. Dan tugas ini bukan hanya merupakan kewajiban pemerintah saja namun juga anggota masyarakat lainnya yang peduli terhadap usaha dan industri kecil. (*)

Add Comment