Anggota DPR Sahur Bersama Anak Atap Langit

Kegiatan yang umumnya dilakukan saat puasa adalah buka bersama. Namun anggota DPR RI H. Ambar Tjahyono SE MM justru memilih mengadakan sahur bersama, kemarin (29/6). Yang diajak sahur bersama ini juga bukan anggota keluarga atau kolega melainkan anak-anak dari Panti Asuhan Atap Langit yang terletak di Kampung Keparakan Kidul, Mergangsan Yogyakarta. Suara canda anak-anak dan remaja penghuni panti pun sempat menggema di pagi buta.

“Terima kasih sudah bersedia berbagi dan sahur bersama anak-anak kami,” kata Sri Sumarwati, Ketua Panti Asuhan Atap Langit. Sambil duduk di atas kursi rodanya, pendiri panti ini ingat bagaimana Ambar Tjahyono bersama istri turut membantu membidani pembentukan yayasan panti asuhan ini yang diresmikan pada tahun 2006.

Yayasan Anak Atap Langit
Saat Sahur Bersama Anak Atap Langit

Sementara itu Ambar Tjahyono berharap bantuan yang diberikan dapat memberikan semangat anak-anak panti dalam meraih prestasi yang lebih baik lagi. “Kalian ini adalah masa depan bangsa. Darimana pun asal dan keturunannya, setiap anak Indonesia memiliki peran yang sama untuk kemajuan bangsa dan negara. Karena itulah kalian harus selalu bersemangat dalam menyosong masa depannya yang lebih baik,” ujarnya.

Panti Asuhan Atap Langit itu sendiri sudah berdiri sejak tahun 1987, jauh sebelum diresmikan di bawah payung yayasan. Panti inipun dibangun dan dijalankan sebagai bentuk rasa syukur Sri setelah siuman dari koma selama 7 bulan. Kondisi koma ini dialami ibu dua anak ini menyusul terjadinya peradangan pada selaput otaknya. Kabarnya, radang otak itu terjadinya akibat benturan yang dialaminya saat terjatuh dari becak yang ditumpanginya.

Lihat juga reses mei dengan turba dan public speaking.

Sebelum yayasan terbentuk, semua biaya hidup anak-anak ditanggung sendiri oleh Sri Sumarwati. Baik dengan cara berjualan sembako, makanan tradisional, maupun berdagang pakaian dengan berkeliling ke Wonosari, Wates, hingga Salatiga. Cobaan kembali datang saat gempa Yogyakarta tahun 2006 yang menghancurkan rumah yang digunakan untuk menampung anak-anak panti. Setelah itu, panti pun dibangun kembali melalui yayasan yang dibentuk pasca gempa.

Sahur bersama dilakukan anggota DPR RI ini dalam rangkaian safari Ramadhan dan kunjungan kerja daerah pemilihan setahun sekali. Turut mendampingi sejumlah staf Jaringan Ambar Tjahyono. Kegiatan sahur bersama juga diisi dengan tausyiah dan shalat subuh berjamaah.

 

Baksos di Balong
Baksos di Balong

 

Baksos di Kotagede
Baksos di Kotagede

Dalam rangkaian safari Ramadhan ke DIY, anggota dewan dari Partai Demokrat ini juga memberikan ratusan paket sembako untuk warga kurang mampu di sejumlah wilayah. Bhakti sosial ini diantaranya dilakukan di Dusun Sareyan Wonokromo dan Balong Lor Banguntapan Bantul, serta di Kelurahan Sambirejo Kotagede. (*)

Add Comment