Ambar Tjahyono Turba Kundapil ke 7 Titik

Dalam rangka kunjungan daerah pemilihan (Kundapil) untuk menjaring aspirasi masyarakat, anggota DPR RI H. Ambar Tjahyono SE MM mengdakan tatap muka dan berdialog dengan masyarakat di DIY. Kunjungan kali dilakukan ke 7 wilayah baik di Sleman, Gunung Kidul, serta Bantul.

Saat berkunjung ke Sleman pada Sabtu (6/2), anggota dewan dari Fraksi Partai Demokrat ini bertemu dan berdialog dengan para pengurus DPC Partai Demokrat dan ketua dan pengurus PAC se-Kabupaten Sleman. Tak kurang pengurus dari 10 PAC dari total 18 PAC yang ada di Sleman hadir pada pertemuan di rumah makan Serai di kawasan Jalan Palagan Tentara Pelajar Yogyakarta itu.

Pada dialog itu banyak masukan dari para pengurus PAC yang mengharapkan agar pelatihan maupun bantuan fasilitas alat untuk kegiatan ekonomi produktif dapat menjangkau semakin banyak warga. Beberapa pengurus PAC juga berharap dapat mengakses bantuan dana untuk rehab sekolah yang sangat membutuhkan bantuan pemerintah.

Kundapil
Berfoto Bersama Warga Nglelorejo, Natah, GK

 

turba kundapil
Saat Berdialog dengan Warga Njirak, Semin

Sedangkan di Kabupaten Bantul, Ambar juga bertemu dengan pengurus dan anggota Kelompok Usaha Bersama (KUB) Qonita yang terletak di Kabrokan Wetan dan KUB Ngudi Rejeki di Jetis. Anggota KUB Qonita umumnya merupakan pengrajin topeng batik sedangkan anggota KUB Ngudi Rejeki umumnya memproduksi aneka makanan olahan.

Dalam dialog itu warga mengungkapkan keinginannya untuk mendapatan pelatihan tambahan untuk meningkatkan kualitas produksinya. Selain itu mereka juga mengharapkan dukungan bantuan peralatan produksi serta pendampingan khususnya dalam pengembangan desain dan pemasaran. Pada kesempatan tu Ambar Tjahyono mengharapkan agar para anggota KUB selalu semangat dalam meningkatkan kualitas diri serta terus berkreasi menghasilkan produk yang lebih baik.

Baca juga AT tinjau dan berdialog dengan warga Gunung Kidul

Sementara itu saat berkunjung ke Gunung Kidul pada Minggu (7/2), anggota dewan dari daerah pemilihan DIY ini diantaranya bertemu dengan warga Pedukuhan Njirak, Desa Semin, Kecamatan Semin. Selain dihadiri warga, tampak hadir juga Kepala Dukuh dan para tokoh masyarakat. Pedukuhan yang dihuni tak kurang dari 60 kepala keluarga (KK) ini sebelumnya telah memperoleh bantuan pembuatan bak air bersih dari Pertamina.

Dalam dialog itu diketahui bahwa Dusun Njirak merupakan kawasan yang sangat potensial karena menjadi jalur lalu lintas yang cukup ramai ke berbagai obyek wisata di Gunung Kidul. Makin banyaknya obyek wisata baru yang ditemukan dan dikembangkan di kawasan ini turut memicu pertumbuhan ekonomi yang semakin baik.

“Ini merupakan potensi yang perlu dimanfaatkan dengan baik. Bapak ibu bisa membuat aneka produk makanan olahan ataupun kerajinan sebagai oleh-oleh untuk para wisatawan,” pesan Ambar Tjahyono. Apalagi kawasan Njirak juga dikenal cukup subur dan mampu menghasilkan tanaman jenis singkong gajah yang bisa diolah untuk aneka produk olahan.

Partai Demokrat Sleman
Saat Berdialog dengan Pengurus DPC dan PAC Partai Demokrat Sleman

Selain itu rombongan Ambar Tjahyono juga mengunjungi warga Dukuh Nglelorejo, Kecamatan Natah, Gunung Kidul. Di tempat ini anggota dewan ini berdialog dengan warga yang sebelumnya telah mendapatkan bantuan dana untuk pembangunan Masjid Al Islam dari BUMN Pelindo.

Dalam dialog tersebut terungkap potensi warga dalam pembuatan tenggok dari anyaman bambu. Ibu-ibu yang turut hadir dalam dialog itu berharap untuk mendapat pendampingan terutama dalam pengembangan desain produk maupun pemasarannya. Hal ini disambut baik dan Ambar Tjahyono berharap agar kerajinan bambu ini bisa berkembang agar mampu memberikan tambahan pemasukan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.
Di Gunung Kidul, Ambar Tjahyono juga sempat mengunjungi warga Bejiharjo dan Ngadirejo yang terletak di Kecamatan Nglipar. (*)

Add Comment