35 Pelaku Usaha Mendapat Bantuan Modal

Sebanyak 35 pelaku usaha di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendapat bantuan modal dari Kementerian Koperasi dan UKM, Jumat (20/11). Bantuan modal usaha ini diberikan kepada para wira usaha pemula yang sebelumnya telah mendapat pelatihan. Pelatihan itu sendiri telah dilaksanakan bulan September lalu.

Kepastian ini diperoleh saat para pelaku usaha tersebut bertemu dengan Tim dari Kementerian Koperasi dan UKM di Hotel Bintang Fajar Yogyakarta. “Dari proposal yang disampaikan kepada kami, akhirnya hanya 35 berkas saja yang sudah disetujui,” kata Arief dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Bantuan Modal Usaha 16
« 1 dari 13 »

 

Para wirausaha DIY yang mendapatkan bantuan modal usaha ini sebagian besar bergerak dibidang kerajinan, mebel, dan kuliner. Bantuan modal usaha ini diberikan kepada pelaku usaha perorangan dengan besaran bantuan rata-rata sebesar Rp 10 juta per-pelaku usaha.

“Salah satu penerima bantuan ini adalah pelaku usaha di Semin Gunung Kidul yang membuat olahan mie dari tepung non terigu. Mie yang dibuat dari singkong gajah ini merupakan kreasi inovatif agar kita tidak tergantung dari tepung terigu,” kata Dwi Henry, Ketua Jaringan Ambar Tjahyono (JAT) yang mendampingi kegiatan tersebut.

Sementara itu anggota DPR RI dari daerah pemilihan DIY Ambar Tjahyono mengharapkan agar bantuan modal usaha tersebut dapat digunakan secara tepat untuk meningkatkan usaha agar lebih berkembang. Pengucuran bantuan modal usaha itu memang tak lepas dari fasilitasi yang dilakukan Ambar Tjahyono sebagai anggota DPR RI Komisi VI tersebut.

“Pemberdayaan terhadap pelaku UKM dan IKM harus terus dilakukan untuk meningkatkan daya saing mereka. Terlebih menghadapi tantangan usaha di masa depan yang akan makin berat,” ujar Ambar seperti disampaikan Dwi Henry. (*)

Add Comment